Saka Bahari Bengkulu, Kirim dan Terima Berita dengan Semaphore


SAKA BAHARI BENGKULU – Minggu (4/6) telah dilakukan pertemuan dan latihan rutin bagi seluruh calon Saka Bahari Bengkulu di Markas Komando Pangkalan Angkatan Laut Bengkulu dengan jumlah peserta 20 orang. Ke dua puluh calon Saka Bahari tersebut berasal dari berbagai perguruan tinggi, seperti Universitas Bengkulu, IAIN Bengkulu dan sekolah-sekolah yang ada di Kota Bengkulu.



Seperti diketahui bahwa gerakan Pramuka bertujuan membangun karakter pemuda yang tangguh dan kuat dalam memupuk rasa cinta Bangsa, patriotisme, nasionalisme, pengetahuan bela negara, budi pekerti, ketakwaan serta persaudaraan dan kerukunan Bangsa ini merupakan perwujudan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan, terang Kapten Laut (S) Kasturi, S. AP.

Dalam sambutannya Kak Kasturi menyampaikan bahwa di Indonesia, semaphore biasa diterapkan sebagai salah satu keahlian yang harus dimiliki dalam kegiatan pramukaBiasanya kegiatan semaphore ini diajarkan sejak dalam level pramuka siaga dan merupakan keterampilan yang dipraktikan pada acara perkemahan.

Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong atau dengan sarung tangan. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan. Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera, yang dinamakan bendera semaphore. Pengiriman sandi melalui bendera semaphore ini menggunakan dua bendera, yang masing-masing bendera tersebut berukuran 40 cm x 40 cm.

Bentuk bendera yang persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna. Warna yang digunakan sebenarnya bisa bermacam-macam, namun yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning, di mana letak warna merah selalu berada dekat tangkai bendera. Pada awal abad ke 19, semaphore digunakan dalam komunikasi kelautan.

Dalam penyampaian pengetahuan dan teori semaphore dilanjutkan dengan kirim dan terima berita oleh kedua instruktur, Kak Andi Mailan bersama Kak Ekky yang sehari-hari nya di Dinas Satkom Semaphore. Selama kegiatan berlangsung, semua berjalan dengan lancar dan aman. (Penulis: Apriliansyah)



No comments

Powered by Blogger.